Seputar Gejala Tipes dan 5 Cara Menyembuhkan Penyakit Tipes di Rumah

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella typhi dan bisa menyerang anak-anak hingga dewasa. Penyebab penyakit tipes atau demam tifoid bisa dikarenakan mengkonsumsi makanan atau minuman yang sudah terkontaminasi bakteri ini. Kebiasaan buruk tidak mencuci tangan sehabis dari toilet, konsumsi buah atau sayuran yang tidak dicuci, terkena air liur penderita, atau penyebab lain bisa membuat Anda rentan mengalami tipes. Waspadai gejala tipes yang bisa membuat Anda alami demam tinggi, ya!

Read More

Perawatan untuk Penderita Tipes di Rumah

Gejala tipes yang sering dialami penderita mulai anak-anak hingga dewasa antara lain demam, sakit kepala, sakit tenggorokan, lidah terasa kelu, lemas atau gampang lelah, sakit perut, sembelit, diare, serta muncul bintik kecil di bagian perut atau dada. Bila mengalami gejala yang berkaitan, segera lakukan rawat inap di rumah sakit atau puskesmas untuk mendapatkan penanganan serius.

Pada masa pandemi yang rentan menularkan virus corona, sebaiknya Anda melakukan perawatan penderita tipes dengan gejala ringan di rumah, kecuali pasien anak-anak dan penderita yang alami komplikasi pada sistem pencernaan. Berikut cara merawat penderita tipes di rumah agar cepat sembuh yaitu :

1. Konsumsi makanan berkalori tinggi

Tips pertama yang harus Anda lakukan adalah memberikan asupan nutrisi yang bergizi dengan kalori tinggi untuk meningkatkan sistem imun tubuh yang rendah. Anda bisa memberikan menu seperti nasi putih, ubi, kentang, kacang-kacangan, dan jus buah. Untuk meningkatkan masa pemulihan lebih cepat, Anda bisa memberikan produk susu yang kaya protein.

2. Berikan asupan makanan kaya protein dan rendah serat

Makanan kaya protein seperti dada ayam dan daging sapi bisa membantu memperbaiki jaringan yang sudah rusak dan meningkatkan metabolisme tubuh. Selain itu, Anda perlu konsumsi makanan yang rendah serat untuk mencegah gejala diare lebih parah. Pasalnya, jenis makanan berupa serat tinggi bisa menyebabkan usus lebih lama memproses makanan.

3. Makan dalam jumlah kecil tapi intensitas lebih sering

Sebaiknya jangan langsung makan dalam jumlah banyak, tetapi kurangi porsi dengan intensitas lebih sering. Selain berfungsi memenuhi kebutuhan kalori harian, makan dalam jumlah kecil bisa menjadi solusi Anda yang mengalami penurunan nafsu makan.

4. Minum air putih lebih banyak

Cegah dehidrasi yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan, apalagi Anda yang mengalami gejala tipes. Kandungan elektrolit dari jus buah atau sup kaldu hangat bisa membantu memenuhi kebutuhan cairan. Bila tubuh alami dehidrasi parah, maka sebaiknya Anda mendapatkan cairan dari infus.

5. Memilih istirahat total

Bila mengalami gejala demam tifoid ringan, maka Anda bisa sembuh lebih cepat bila memilih istirahat penuh. Ambil cuti dari pekerjaan atau sekolah untuk meningkatkan masa pemulihan lebih cepat. Jangan lupa selalu mengkonsumsi obat-obatan yang diresepkan dokter, ya! Obat antibiotik harus dihabiskan agar tubuh bisa memiliki antibodi kuat dalam melawan infeksi bakteri. Selalu jaga kebersihan diri dan lingkungan sebagai langkah pencegahan dari penularan penyakit tipes ini.

Anda yang selalu menjaga kebersihan dengan mencuci tangan pakai sabun sebelum makan dan minum lebih aman dari serangan bakteri ini. Menjaga kebersihan diri menjadi langkah preventif melindungi kesehatan Anda dan keluarga. Gejala tipes yang sudah parah seperti muntah, diare dan pembengkakan perut harus segera rawat inap di rumah sakit dibandingkan perawatan di rumah saja. Hal ini untuk mencegah risiko komplikasi pencernaan yang sebabkan pendarahan di dalam perlubangan yang akhirnya menyebar ke jaringan-jaringan di sekitar.

Sumber

https://hellosehat.com/infeksi/tifus/8-cara-mengobati-tipes-di-rumah/

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *