Ingin Kulkas Baru Lebih Awet? Ikuti Panduan Perawatan yang Tepat Ini!

kulkas inverter 2 pintu,kulkas inverter 2 pintu terbaik,kulkas inverter 2 pintu bawah tidak dingin

Kulkas bukan barang mewah yang hanya dimiliki oleh orang-orang kaya saja dewasa ini. Semua keluarga di perkotaan atau pedesaan memiliki kulkas yang bermanfaat menyimpan makanan dan minuman lebih lama. Anda yang perlu beli kulkas baru pun, bisa mendapatkannya dengan mudah. Mau beli kulkas satu pintu atau dua pintu pun, sesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing. Bila Anda punya dana lebih, tidak ada salahnya membeli kulkas inverter 2 pintu, ya!

Read More

Cara Merawat Kulkas Inverter 2 Pintu

Teknologi inverter yang tersemat pada kulkas menjadi terobosan baru alat elektronik rumah tangga yang lebih awet dan tahan lama. Tidak hanya bisa melakukan proses pendinginan lebih cepat, kulkas inverter 2 pintu lebih hemat energi dan tidak menimbulkan suara yang bising. Sangat cocok menyimpan makanan dan minuman lebih awet, tidak menyebabkan kembang es yang berjubel dan tidak mudah rusak. Bila Anda beli kulkas baru, wajib tahu cara merawat yang tepat agar kulkas bisa bertahan lebih lama.

Yuk, simak ulasan singkat mengenai panduan membersihkan dan merawat kulkas dua pintu!

1. Mengosongkan isi kulkas

Kosongkan isi kulkas baik yang ada di dalam hingga bahan pangan yang ada di dalam freezer. Anda bisa memindahkan makanan di dalam freezer ke wadah yang steril, sedangkan makanan dan minuman penting dipilah lebih rapi.

Makanan yang mudah basi atau sudah mendekati tanggal kedaluwarsa harus segera diolah guna mencegah makanan tidak layak konsumsi bila Anda masukkan ke dalam kulkas kembali. Ada baiknya Anda memasukkan makanan dan sayuran ke dalam wadah khusus yang diberi label guna mempermudah pengambilan makanan di kulkas. Buka tutup kulkas yang terlalu sering membuat bunga es lebih cepat menumpuk, lho!

2. Lepaskan rak dan membersihkan bagian dalam

Bersihkan seluruh kulkas bagian dalam mulai freezer dari kembang es, kemudian keluarkan rak yang ada di dalam kulkas lebih dulu. Anda bisa membersihkan rak memakai air mengalir dan sabun yang bersih, lalu keringkan dengan kain microfiber yang bersih. Memastikan rak kering sebelum dimasukkan kembali ke dalam kulkas yang bersih bisa membuat kulkas lebih steril dan bebas dari risiko kuman atau bakteri.

3. Membersihkan saluran drainase

Kotoran acap menumpuk di saluran pembuangan yang berada di bagian belakang kulkas. Inilah yang menjadi penyebab kulkas tidak mampu menghasilkan suhu dingin lebih baik. Anda perlu rajin membersihkan bagian saluran pembuangan memakai sedotan dan cutton bud demi mengeluarkan debu atau kotoran yang ada di sana.

4. Bersihkan bagian luar kulkas

Tidak hanya rak bagian dalam saja yang perlu dibersihkan memakai air dan kain yang bersih sampai kering, tampilan luar juga wajib menjadi perhatian Anda. Bersihkan gagang pintu yang acap menjadi tempat kuman berkembangbiak, kemudian bersihkan sisi atap dan bawah selain tampilan luar memakai kain bersih.

5. Bersihkan gulungan kondensor kulkas

Jangan lupa untuk membersihkan bagian gulungan kondensor kulkas yang acap terabaikan. Lokasi gulungan kondensor kulkas yang aa di belakang bisa Anda bersihkan memakai vacuum cleaner. Tumpukan debu yang menumpuk pada gulungan menjadi penyebab kulkas Anda lebih susah mempertahankan dingin di dalamnya.

Tentu Anda yang rutin membersihkan kulkas secara konsisten demi menjaga kebersihan kulkas tersebut. Untuk pembersihan bunga es yang ada di freezer, Anda perlu membersihkannya seminggu sekali, sedangkan pembersihan keseluruhan isi dan luar kulkas setidaknya 3-4 bulan sekali demi mencegah bakteri dari makanan yang terlalu lama disimpan. Bila ada tumpahan makanan atau minuman, lekas bersihkan agar tidak menimbulkan aroma tidak sedap, ya! Kini kulkas inverter 2 pintu Anda bisa lebih awet bertahun-tahun.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *