Gampang-gampang Susah, Ini 5 Cara Merawat Koleksi Diecast

  • Whatsapp

gampang-gampang-susah-ini-5-cara-merawat-koleksi-diecast

Mengoleksi Hotwheels merupakan hobi yang belakangan ini disukai oleh banyak orang. Kebanyakan orang yang mengoleksi mainan atau miniatur mobil ini adalah mereka dengan penghasilan lumayan, sebab harga miniatur mobil ini sama sekali tidak murah.

Read More

Namun, banyak juga yang melakukannya sebagai bentuk investasi. Karena semakin langka koleksi yang dimiliki, maka akan semakin mahal harganya. Oleh sebab itu, hobi satu ini akan sangat menguntungkan. Bahkan ada yang rela menggunakan tabungan untuk mengumpulkan koleksi miniatur mobil ini.

Cara merawat Diecast

Karena harganya yang di atas rata-rata perlu kehati-hatian dalam perawatan agar miniatur mobil atau diecast ini tidak rusak. Bisa dikatakan perawatannya gampang-gampang susah. Gampang karena tidak memerlukan bahan atau alat khusus, susah sebab diperlukan kehati-hatian. Berikut beberapa cara merawat diecast:

1. Simpan dalam Lemari Kaca

Penyimpanan memegang peranan penting agar koleksi yang Anda jaga keamanannya. Oleh sebab itu, meletakkan miniatur mobil ini sebaiknya di lemari kaca bertingkat dengan kaca tembus pandang sehingga bisa dilihat setiap waktu.

Jika tersimpan dalam lemari tertutup miniatur mobil tidak akan mudah terkena sinar matahari, debu, air, dan kotoran yang menjadi penyebab kerusakan dini.

2. Gunakan Brush Make Up

Untuk membersihkan bagian miniatur mobil diperlukan bahan lembut seperti kain lembut, tisu, atau sikat lembut. Sangat disarankan untuk menggunakan brush make up yang biasa digunakan untuk mengaplikasikan bedak atau blush on. Karena bahannya sangat lembut sehingga tidak merusak miniatur mobil yang sudah dimodifikasi.

Gunakan kuas khusus ini setiap kali selesai melakukan pembersihan dan letakkan peralatan membersihkannya di dalam kotak khusus dan menyimpannya di lemari penyimpan koleksi Anda sehingga selalu ingat menggunakannya saat membersihkan mobil mainan Anda.

3. Harus Selalu Kering

Ketika membersihkan koleksi hotwheels hal yang harus lakukan adalah menjaganya tetap kering. Air yang menempel pada bodi miniatur mobil bisa membuat cat mengelupas, karat, dan beragam masalah lainnya. Terutama pada miniatur mobil yang telah dimodifikasi.

Gunakan lap lembut untuk mengeringkan bodi miniatur mobil. Usahakan tempat penyimpanan juga kering sehingga tidak ada air yang menempel pada bodi miniatur mobil.

4. Jangan Gunakan Deterjen

Penggunaan deterjen atau sabun cuci akan memicu pengelupasan cat dari bodi mobil sehingga tidak boleh digunakan saat proses pembersihan. Sebaiknya, gunakan sabun mandi, sampo, atau sabun pencuci mobil yang dicampurkan dengan air secukupnya.

Celupkan kain pembersih ke dalam air campuran sabun kemudian lap bagian luar miniatur mobil. Kemudian gunakan lap lain untuk mengeringkan sisa air dari bodi setelah dibilas.

5. Poles dengan Wax

Satu lagi langkah perawatan yang tidak boleh ketinggalan, sebab penting untuk menjaga bodi mobil mainan tetap mengkilap, yaitu penggunaan wax. Pada mobil biasanya wax akan dioleskan setelah membersihkan seluruh bagian luar, sebagai penutup yang membuat mobil terlihat seperti baru lagi.

Sama saja dengan mobil mainan yang juga membutuhkan wax. Anda bisa mengoleskannya setelah mobil mainan dibersihkan. Oleskan merata agar terlihat mengkilap dan jangan lupa membersihkan sisa-sisa wax dari bodi sehingga tidak menyebabkan kerusakan pada bodi mobil mainan.

Memiliki koleksi tertentu memang mengharuskan Anda melakukan usaha lebih. Terutama apabila Anda mengoleksi mobil mainan hotwheels yang bentuk dan warnanya beragam. Ingin mulai mengoleksi mobil mainan yang bisa dijadikan investasi ini? Anda bisa mengecek variasi dan harganya di marketplace atau toko online kesayangan.

 

Sumber:

  • http://artikel.icaltoys.com/?p=46#:~:text=Salah%2Dsalah%2C%20malah%20bisa%20bikin%20hancur%20koleksi.,cuci%2C%20karena%20bisa%20merusak%20cat.
  • https://kumparan.com/hipontianak/tips-merawat-hot-wheels-untuk-pemula-ala-komunitas-tropico-hotwheels-boys-1tbT3UADAVu/full
  • https://www.indoblazer.com/2014/10/tips-merawat-diecast-hotwheels.html

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *