Demi Keamanan Akun Pelajari Modus-modus Penipuan Mengatasnamakan GoPay Berikut Ini!

  • Whatsapp

Pakai GoPay emang banyak untungnya. Mau bayar apa aja nggak perlu ribet, jajan, tagihan listrik sampai beli pulsa, semua bisa pakai GoPay. Kamu juga nggak perlu repot kalau mau bayar patungan sama teman-teman kamu, karena ada fitur transfer saldo GoPay ke teman atau keluarga. Biar keamanan akun GoPay-mu terjamin, jadilah pengguna yang smart dengan selalu melaporkan hal-hal mencurigakan pada akun GoPay-mu.

Buat jadi pengguna smart GoPay, kamu harus tahu modus-modus penipuan mengatasnamakan GoPay yang sering terjadi.

1. Penipuan Penjual Online Palsu

Saat ini banyak banget kasus social cyber dengan skema MAGIS (manipulasi psikologis). Salah satu kasusnya adalah modus penjual palsu. Kamu yang sering belanja online bisa menemukan penjual yang menawarkan berbagai dagangan, seperti aplikasi, top up game turnamen e-sport, aksesoris, hingga pakaian. Kemudian penjual ini meminta kamu membayar menggunakan GoPay. Ketika item yang kamu inginkan sudah dibayar, penjual tersebut malah menghilang, kamu di block, dan barang yang kamu beli tidak terkirimkan.

Antisipasi hal ini, kamu harus cari seller yang sudah terpercaya. Cek bagaimana reputasi dan testimoni dari para penjual lain. Untuk kamu yang pengen beli aplikasi ataupun top up game, bisa pilih partner resmi GoPay seperti Google Play, Codashop, UniPin, MPL, dan Wawa Games.

2. Modus Penipuan Mengatasnamakan GoPay

Warning banget nih buat kamu yang suka komplain di media sosial. Jangan biasakan untuk sedikit-sedikit komplain di media sosial via mention. Hal ini berpotensi mengundang pihak tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan customer service. Biasanya pihak-pihak ini memakai username mengatasnamakan GoPay kemudian minta kamu menyerahkan data diri atau data penting terkait aplikasi GoPay.

Demi keamanan akun mu, pastikan kamu tahu akun-akun resmi GoPay yang sudah ter-verified berikut ini:

Instagram: @gopayindonesia, dan @gopaypromo

Twitter: @gopayindonesia, dan @gopaypromo

Facebook: gopayindonesia dan gopaypromo

Kalau kamu di-mention atau di DM oleh selain akun diatas yang mengaku dari GoPay, jangan ditanggapi ya! Ada baiknya kalau kamu mengalami kendala terkait GoPay, hubungi pihak customer service atau ajukan laporan di halaman bantuan pada aplikasi kamu.

3. Modus Minta PIN atau Kode OTP

Ini adalah salah satu modus penipuan yang paling bahaya. For your information, pihak GoPay nggak pernah minta PIN atau kode OTP para penggunanya dengan alasan apapun.

Agar transaksi top up GoPay selalu aman dan terjaga kerahasiaannya, jangan lupa untuk pasang PIN (Personal Identification Number). Kamu juga harus ingat untuk tidak membagikan kode OTP (One Time Password) saat login di aplikasi GoPay atau saat aktivasi OneKlik.

Terus gimana kalau udah terlanjur terjerat kasus penipuan mengatasnamakan GoPay?

Jika kamu mengalami hal-hal mencurigakan pada akun GoPay-mu, segera laporkan ke pihak GoPay. Cara melaporkan penipuan bisa melalui email ke [email protected] Cara lainnya bisa cek Halaman Bantuan untuk membaca lebih lanjut mengenai informasi keamanan akunmu.

Supaya selalu #AmanBersamaGoPay kamu juga harus meningkatkan keamanan akun GoPay dengan pasang PIN. Selain itu, kamu dianjurkan untuk verifikasi akun GoPay, dengan upgrade GoPay-mu ke akun GoPay Plus. Menggunakan akun GoPay Plus, keamanan akun bisa dapet double proteksi berkat adanya Jaminan Saldo GoPay Kembali.

Keamanan akun terjamin, transaksi GoPay jadi lebih nyaman!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *