Bayi Cegukan? Yuk Cari Tahu Apa Penyebabnya!

  • Whatsapp
bayi-cegukan-yuk-cari-tahu-apa-penyebabnya
Foto: Canva.com pro

Cegukan bisa diderita oleh siapapun, termasuk buah hati Anda yang masih bayi. Jika bayi mengalaminya, Anda pasti penasaran mengenai apa penyebab bayi cegukan. Faktor pemicu cegukan pada bayi ternyata cukup banyak, lho. Mengetahui penyebab cegukan ini akan memudahkan Anda untuk mengatasinya.

Penyebab Cegukan pada Bayi

Bayi yang sering mengalami cegukan terus-menerus tentu saja akan membuat Anda khawatir. Untuk mencari solusinya, ada baiknya jika Anda mengetahui penyebab cegukan tersebut terlebih dulu. Yuk lihat beberapa faktor yang menyebabkan cegukan pada buah hati Anda pada ulasan di bawah ini.

1. Tertutupnya Pita Suara

Penyebab cegukan pada bayi yang pertama adalah kotak pita suaranya tertutup. Tertutupnya pita suara ini disebabkan karena otot diafragmanya berkontraksi. Sehingga, otot ini menekan pita suara hingga menutup dan menimbulkan suara cegukan.

2. Menelan Udara Berlebihan

Terkadang bayi tidak sengaja menelan udara yang jumlahnya banyak. Sehingga, udara yang terlalu banyak masuk ke tubuh bayi hingga mempengaruhi keadaan organ lainnya. Salah satu organ yang terkena dampaknya adalah otot diafragma. Otot ini akan berkontraksi secara tidak teratur dan mendesak otot perut.

Tertelannya udara yang berlebihan ini biasanya terjadi saat bayi menyusu. Posisi bayi yang tidak tepat saat menyusu bisa menimbulkan masuknya udara yang terlalu banyak ke dalam tubuh bayi. Tak hanya itu, jika bayi menggunakan botol susu untuk minum maka resiko kemasukan udara akan lebih besar. Karena botol susu memiliki unsur udara yang lebih banyak dibanding ASI.

3. Alergi

Penyebab bayi cegukan selanjutnya yakni karena alergi. Bayi bisa saja memiliki alergi terhadap makanan atau minuman tertentu. Salah satu gejala alergi yang muncul pun bisa menimbulkan cegukan. Sehingga, Anda harus paham tentang makanan dan minuman yang mungkin menyebabkan alergi khususnya susu.

4. Kebanyakan Minum Susu

Jumlah susu yang terlalu banyak dikonsumsi bayi juga bisa memicu cegukan. Karena apabila terlalu banyak minum susu, perut bayi akan merasa terdesak. Kondisi ini menimbulkan distensi lambung.

5. Gangguan pada Perut

Selanjutnya ada faktor masalah kesehatan perut yang bisa memicu cegukan pada bayi. Satu dari sekian masalah kesehatan yang dimaksud adalah GERD. Masalah kesehatan ini berkaitan dengan lambung. Bayi yang mengalami masalah lambung cenderung akan lebih sering mengalami cegukan.

Nah, itulah sejumlah faktor yang menjadi penyebab bayi cegukan secara terus-menerus. Setelah mengetahui penyebabnya pada review di atas, Anda bisa mencari solusi paling tepat untuk mengatasinya. Dengan demikian bayi Anda akan terbebas dari cegukan yang membuat si kecil merasa tidak nyaman.

Semoga ulasan di atas bermanfaat, ya.

 

  • https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3632458/bayi-sering-cegukan-berbahaya-atau-tidak
  • https://hellosehat.com/parenting/tips-parenting/penyebab-bayi-cegukan/
  • https://www.ibupedia.com/artikel/balita/6-hal-yang-menyebabkan-bayi-cegukan-serta-solusinya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *