5 Tips Cek Suhu Tubuh Bayi secara Baik dan Benar

  • Whatsapp

Setelah dilahirkan, kondisi bayi harus dipantau secara cermat oleh orang tua. Termasuk salah satunya adalah suhu tubuh. Orang tua sangat disarankan untuk cek suhu tubuh bayi secara berkala. Pengukuran suhu ini dilakukan untuk memastikan kondisi tubuh bayi selalu stabil. Suhu tubuh bayi dikatakan normal jika berada di kisaran 36-27 derajat celcius.

Read More

Mengukur Suhu Tubuh Bayi

Pengecekan suhu tubuh bayi tentu harus dilakukan secara hati-hati. Anda harus menerapkan cara pengukuran yang tepat agar bisa mendapatkan hasil yang akurat. Jika hasilnya tidak akurat maka juga akan berpengaruh pada penanganan kondisi tubuh si kecil. Berikut ini adalah 5 tips mengecek suhu tubuh bayi secara tepat:

1. Pilih Waktu yang Tepat

Tentukan waktu terbaik untuk mengukur suhu tubuh bayi. Jika Anda ingin mendapatkan hasil yang akurat maka hindari mengukur suhu tubuh bayi ketika ia baru saja selesai dimandikan. Hal ini membuat suhu tubuh si kecil menurun sehingga hasilnya tidak akan akurat. Lebih baik tunggu dulu sampai kurang lebih 20 menit setelah mandi baru lakukan pengukuran suhu.

2. Pakai Termometer Digital

Dibanding termometer manual, sangat disarankan untuk menggunakan termometer digital. Pengukuran suhu tubuh bayi akan jauh lebih mudah jika Anda memakai termometer digital. Hal ini disebabkan oleh termometer digital jauh lebih praktis sekaligus mudah untuk digunakan. Hasilnya juga lebih mudah terbaca karena langsung menunjukkan angka.

Sebenarnya pemilihan termometer ini dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan ketersediaan bujet. Namun sangat disarankan untuk memilih jenis termometer yang praktis dan hasilnya cepat. Apabila pemakaian termometer terlalu lama maka bayi bisa saja merasa tidak nyaman lalu rewel dan sulit diperiksa suhu tubuhnya.

3. Kenali Kondisi Bayi

Sebelum mengukur suhu tubuh, coba kenali dulu kondisi tubuh si bayi. Pada kondisi tertentu bisa saja suhu tubuh bayi memang tinggi atau rendah. Misalnya, lihat paakah bayi sedang berkeringat atau tidak. Biasanya jika berkeringat maka suhu tubuhnya akan lebih tinggi dari biasa. Pastikan pengukuran dilakukan pada saat kondisi bayi normal.

4. Jangan Pakai Termometer Telinga

Pemakaian termometer telinga sangat tidak direkomendasikan untuk cek suhu tubuh bayi. Lebih disarankan untuk memakai termometer digital yang digunakan seperti biasa. Termometer telinga akan memberi hasil yang kurang akurat karena pengukuran suhu jauh lebih sulit dilakukan.

Perlu diketahui bahwa lubang telinga bayi di bawah 6 bulan masih sangat sempit sehingga cukup sulit untuk melakukan pengukuran dari bagian tubuh satu ini. Anda juga harus benar-benar teliti dan hati-hati jika ingin memakai termometer telinga karena tindakan ini bisa melukai bagian telinga bayi. Lebih baik gunakan saja termometer biasa yang tidak punya risiko melukai tubuh si kecil.

5. Lakukan Pengecekan Berulang

Bagaimana jika pengecekan suhu ini sudah dirasa benar tapi ternyata hasil akhirnya tidak tepat. Agar bisa mendapatkan hasil yang lebih akurat maka dapat dilakukan pengecekan berulang. Lakukan pengukuran suhu tubuh untuk kedua kalinya. Jika pengukuran akurat maka hasilnya tentu tidak akan berbeda. Kalaupun berbeda pasti tidak akan berbeda terlalu jauh.

Itulah 5 tips cek suhu tubuh bayi dengan aman dan nyaman. Jika Anda menemukan suhu tubuh si kecil begitu tinggi, maka segera konsultasikan kepada dokter. Lakukan upaya-upaya sederhana untuk menurunkan demam tersebut. Cek juga apakah ada ciri-ciri lain yang muncul bersamaan seperti demam, mulai dari pilek, batuk, dan lain sebagainya.

Sumber:

https://www.ibudanbalita.com/artikel/kiat-agar-pengukuran-suhu-tubuh-bayi-akurat

https://www.popmama.com/baby/0-6-months/winda-carmelita/cara-mengukur-suhu-tubuh-bayi-yang-paling-tepat/7

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *