Pentingnya gendang telinga bagi indera pendengaran membuat kita harus tahu apa penyebab umum gendang telinga pecah. Semua orang pasti tidak ingin mengalami gangguan pendengaran, termasuk gendang telinga pecah. Hal ini karena dengan gendang telinga, Anda dapat mendengar bunyi-bunyian, suara musik, suara orang berbicara, dan suara lainnya. Beberapa orang mengatakan bahwa penyebab gendang telinga pecah adalah karena terlalu sering membersihkan telinga  dengan cutton bud, apakah hanya itu saja?

Gendang telinga pecah dalam istilah medis disebut perforasi membran timpani. Hal ini terjadi karena selaput timpani yaitu gendang telinga bagian dalam terdapat sobekan dan rusak. Selaput timpani memang berbentuk sangat tipis dan sensitif, oleh karena itu bisa saja rusak pada saat kita terlalu keras membersihkan telinga. Apa yang terjadi jika gendang telinga pecah? Anda akan mendapat gangguan pendengaran bahkan kehilangan pendengaran. Oleh karena itu, Anda harus menghindari penyebab terjadinya gendang telinga pecah.

5 Penyebab Umum Gendang Telinga Pecah

Membersihkan telinga terlalu keras

Membersihkan telinga dengan cutton bud akan meningkatkan resiko rusaknya gendang telinga apalagi jika dilakukan terlalu keras dan terus menerus. Selain itu, kapas cutton bud juga berpotensi tertinggal di dalam telinga sehingga menimbulkan masalah baru. Tidak hanya cutton bud, masuknya benda asing ke telinga juga beresiko  merusak gendang telinga. Anda tidak diperbolehkan membersihkan telinga dengan benda yang ujungnya runcing. Tidak disarankan juga membersihkan telinga dengan benda yang terlalu besar, hal ini malah akan menimbulkan kotoran semakin terdorong ke dalam telinga.

Terjadi Infeksi

Penyebab umum gendang telinga pecah berikutnya adalah infeksi telinga tengah atau otitis media. Infeksi ini sering terjadi pada anak yang tidak pernah membersihkan telinganya. Hal ini menyebabkan terdapat banyak cairan yang menumpuk di belakang gendang telinga. Apabila semakin parah dapat menimbulkan tekanan pada gendang telinga sehingga terjadi perobekan.

Mendengar suara yang terlalu keras

Apakah mendengar suara yang terlalu keras dapat menyebabkan gendang telinga pecah? Bisa saja. Umum terjadi ketika mendengar suara petir atau tembakan yang sangat keras sehingga gendang telinga tidak bisa menahannya. Terjadi juga dengan kasus terlalu sering mendengarkan musik dengan volume yang keras. Seperti memakai headset, speaker dan lain-lain.

Barotrauma

Apa itu barotrauma? Tekanan tinggi pada telinga atau bisa juga disebut barotrauma adalah suatu kondisi dimana tekanan udara di dalam telinga tengah dengan tekanan udara di luar telinga tidaklah seimbang. Hal ini sering terjadi ketika sedang berada di pesawat yang baru lepas landas. Tekanan udara di kabin pesawat akan semakin menurun drastis sedangkan tekanan pada telinga akan semakin meningkat sehingga berpotensi menyebabkan gendang telinga pecah. Tidak hanya pada saat di dalam pesawat saja, cedera ini bisa juga terjadi saat diving atau kebut-kebutan saat berkendara.

Mendapat cedera kepala yang berat

Penyebab umum gendang telinga pecah yang terakhir adalah mendapat cedera kepala yang berat seperti kecelakan, terbentur sesuatu atau mendapat pukulan berat. Fraktur tulang tengkorak misalnya dapat menyebabkan kerusakan pada struktur telinga. Kerusakan pada  struktur telinga bagian tengah dan bagian dalam adalah dapat menyebabkan gendang telinga juga ikut rusak sehingga pendengaran pun akan terganggu.

Untuk mengatasi cedera gendang telinga pecah, Anda harus terlebih dahulu berobat ke dokter THT agar mendapat penanganan yang tepat. Gendang telinga pecah bukan cedera yang tidak bisa disembuhkan, gendang telinga akan pulih kembali setelah dilakukan perawatan.

Sumber:

https://www.google.com/amp/s/hellosehat.com/hidup-sehat/fakta-unik/penyebab-gendang-telinga-pecah/amp/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here