Ketahui-5-Cara-Memilih-Kamera-Pocket-yang-Tepat-untuk-TravellingKehadiran kamera pocket saat travelling memudahkan kita dalam mengambil gambar dengan bentuk yang ringkas. Kemudian kita bisa melihat hasil jepretan saat itu juga dalam waktu yang cepat. Meskipun jumlah foto hanya dibatasi karena keterbatasan kapasitas, setidaknya kamu telah diberi kemudahan dalam mengambil foto saat travelling. Maka tidak heran kalau kamera pocket pabrikan Sony Ilce 7RM3 gemar digunakan dalam menemani perjalanan saat travelling.

Cara Memilih Kamera Pocket

Sebagai traveller yang memerlukan kamera untuk mengabadikan setiap moment, kamu tentunya membutuhkan kamera pocket dengan spesifikasi yang mumpuni. Upayakan kamu membeli kamera yang sesuai kebutuhan untuk menemani perjalanan meskipun dana yang kamu miliki terbatas. Penting juga memperhatikan spesifikasi kamera pocket untuk travelling yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Bentuk, Ukuran, dan Berat
Sesuai dengan namanya, kamera pocket, bentuk dan ukuran yang paling ideal tentu yang masih bisa dibawa ke dalam saku atau kantong tanpa susah payah. Beberapa pabrikan kamera pun mendesain kamera pocket dengan desain yang tipis, ringan, mudah dibawa, dan nyaman saat digenggam. Kamera dengan genggaman yang pas akan menghilangkan risiko gambar kabur karena goyangan kecil di tangan.

2. Ukuran Sensor
Secara teknis, semakin besar ukuran sensor maka akan semakin bagus kualitas gambar yang dihasilkan. Untuk meningkatkan ukuran sensor akan berimbas pada biaya produksi kamera yang ikut meningkat juga. Sensor kamera pocket biasanya berukuran rata-rata ½.7” – 1/1.7”. Ada juga sensor kamera pocket yang berukuran 1.5” yang melebihi ukuran sensor kamera digital. Nah, untuk menemani perjalanan selama travelling, pilih ukuran sensor kamera pocket yang sesuai dengan keinginan.

3. Lensa
Untuk mendapatkan lensa yang berkualitas tentu sebanding dengan harga yang ditawarkan. Akan tetapi, ada dua hal yang harus kamu perhatikan dalam mengetahui lensa yang cocok untuk traveller. Pertama, tentang bukaan diafragma yang memiliki lebar yang sesuai untuk masuknya cahaya.
Rata-rata kamera pocket pabrikan Sony Ilce 7RM3 memiliki bukaan diafragma f/3.2 yang sudah cukup untuk travelling. Kedua, focal length lensa yang menandakan seberapa jauh jangkauan yang bisa diambil oleh lensa. Semakin kecil angkanya maka akan semakin lebar jangkauannya.

4. Zoom Optical dan Image Stabilization
Gerakan maju mundurnya lensa mempengaruhi kualitas gambar yang akan kamu ambil. Karena rentang zoom yang semakin jauh akan memudahkan kamu dalam mengambil gambar dari jarak jauh. Biasanya ketika kamu menggunakan zoom maksimal pada kamera, maka akan berisiko terkena goncangan saat menekan shutter.

Dalam hal ini, pilih kamera zoom dengan fitur Image Stabilizer (IS) yang dapat membantu kamu mengambil gambar yang tajam tanpa kabur. IS akan sangat berguna jika kamu mampu menjaga kestabilan kamera saat menekan shutter.

5. Metode Pengambilan Gambar
Untuk kondisi normal kamera pocket yang biasa digunakan saat ini ialah mode Auto dan beberapa Scene. Kedua metode pengambilan gambar ini dapat kamu manfaatkan dalam beberapa variasi kondisi yang akan kamu abadikan. Hal ini tentu akan memudahkan kamu karena tidak bersinggungan dengan segitiga exposure yang terkadang membuat kita pusing. Ketika kamu menekan setengah shutter kemudian tekan tombol penuh maka gambar akan terekam oleh sensor kamera.

Demikianlah beberapa tips memilih kamera pocket yang tepat untuk menemani perjalanan travelling. Untuk saat ini kebanyakan orang memilih kamera pocket pabrikan Sony Ilce 7RM3 karena memenuhi kebutuhan para traveller dalam mengabadikan moment. Artinya spesifikasi kamera pocket Sony sesuai dengan ekspektasi para traveller dan dapat diandalkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here