6-cara-mengatasi-rambut-rontok-ini-bisa-bantu-anda-atasi-permasalahan-rambut

Rambut rontok adalah masalah utama bagi semua orang, terutama wanita dengan rambut yang panjang. Kerontokan rambut bisa terjadi karena banyak faktor, diantaranya faktor stress, kehamilan, sering terkena paparan sinar matahari, pengaruh hormon, efek mengkonsumsi obat-obatan, dan masih banyak lagi. Namun saat ini sudah banyak cara mengatasi rambut rontok, mulai dari treatment di salon ataupun dengan cara yang alami.

Rambut rontok juga dapat membuat Anda menjadi kurang percaya diri. Bagaimana tidak, rambut yang rontok akan menyebabkan kebotakan pada kulit kepala. Untuk mengatasinya, saat ini sudah banyak tersedia shampo anti rontok dengan berbagai jenis merk. Namun, untuk mengatasinya Anda juga dapat menerapkan beberapa cara di bawah ini.

1. Kurangi Penggunaan Hair dryer

Penggunaan hair dryer adalah cara paling ampuh agar rambut lebih cepat kering setelah keramas. Namun, hal ini justru akan membuat rambut kehilangan nutrisi karena terlalu sering terkena panas yang berakibat pada rontoknya rambut. Kurangilah pemakaian hair dryer, sebaiknya biarkan saja rambut Anda kering dengan alami. Atau jika sedang terburu-buru, Anda bisa mengeringkan rambut dengan kipas angin.

2. Oleskan Minyak Kelapa

Bahan alami yang satu ini memang sudah dikenal secara turun temurun ampuh untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu, minyak kelapa juga bisa membuat rambut Anda menjadi lebih berkilau, lho. Gunakanlah minyak kelapa sebelum keramas, lalu bilas dengan shampo seperti biasa.

3. Minyak Peppermint

Penggunaan minyak peppermint pada kulit kepala dipercaya dapat membuat kulit kepala menjadi lebih tebal dan mempercepat proses pertumbuhan rambut baru. Bagi Anda yang memiliki masalah rambut rontok, minyak peppermint juga bisa menjadi pilihan untuk treatment sederhana di rumah.

4. Konsumsi kacang-kacangan

Selain nutrisi dari luar, perawatan rambut rontok juga membutuhkan nutrisi dari dalam. Makanlah makanan yang dapat menutrisi rambut seperti kacang-kacangan yang banyak mengandung lemak asam omega 3. Kandungan asam omega dinilai sebagai salah satu cara mengatasi rambut rontok.

5. Jangan Biarkan Rambut Terlalu Panjang

Bagi Anda yang memiliki rambut panjang, kerontokan dapat lebih mungkin terjadi pada Anda. Rambut yang terlalu panjang cenderung lebih sulit diatur dan memiliki tekstur yang kusut. Selain itu, rambut yang terlalu panjang menggambarkan rambut yang sudah ‘tua’ dan kurang sehat. Potonglah rambut jika sudah terlalu panjang. Hal ini dapat mengurangi resiko rambut kusut saat disisir sehingga dapat meminimalisir kerontokan.

6. Gunakan Shampo Anti Rambut Rontok

Selain menggunakan cara sederhana di atas, gunakan pula shampo anti rontok. Shampo anti rontok sudah pasti dibuat khusus dengan kandungan-kandungannya untuk mengatasi rambut rontok. Gunakan pula conditioner sehabis keramas untuk membuat rambut menjadi lebih lembut agar mudah di sisir.

Rambut rontok sudah menjadi masalah umum bagi sebagian orang. Jika dibiarkan, hal ini dapat membuat rambut semakin lama semakin menipis dan menimbulkan kebotakan. Untuk mengatasinya tentu Anda harus rajin melakukan treatment sederhana di atas. Jika tidak sempat, minimal kurangi penggunaan alat yang menimbulkan panas seperti hairdryer dan catokan rambut.

Cara mengatasi rambut rontok ini dapat dilakukan seminggu sekali atau dua kali saat Anda sedang tidak memiliki aktivitas di luar rumah. Agar rambut sehat dan terhindar dari kerontokan, sebaiknya Anda rutin melakukan perawatan di atas. Pilihlah cara yang paling mudah untuk Anda lakukan, dan cegah kerontokan sejak dini, ya!

Semoga ulasan di atas bermanfaat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here